Selasa, 03 Agustus 2021

Profession & Passion


Sahabat Nursevestor, sebelum melanjutkan ragam tulisan dalam blog ini, saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Saya ini seorang perawat. Saat ini masih aktif bekerja di sebuah perusahaan. Saya pernah bekerja di puskesmas, rumah sakit swasta, rumah sakit pemerintah, perusahaan swasta, hingga saat ini saya bekerja di satu perusahaan milik pemerintah di Timur Tengah.

Perawat adalah salah satu profesi yang banyak dibicarakan di tengah pandemi covid-19. Profesi ini menjadi salah satu profesi yang turut berjuang di garda depan untuk membantu menyelamatkan nyawa manusia yang terserang virus covid-19. Menjalani profesi sebagai perawat itu banyak suka dukanya. Alhamdulillah, Saya senantiasa bersyukur dan menikmati setiap prosesnya. 

Selain menjalani profesi yang masih saya geluti hingga hari ini, saya juga menikmati passion (gairah) di bidang investasi. Sebagai insan bergaji bulanan, saya harus cerdas dalam mengelola pendapatan. Gaji yang saya dapatkan setiap bulan harus dikelola dengan baik agar tidak tergerus dengan musuh nyata yang bernama inflasi.

Kenapa inflasi disebut musuh nyata uang kita? 

Saya berikan contoh sederhana. Di tahun 2000-an, harga indomie berkisar di harga 900 an, sementara di tahun 2021, harganya berkisar 2500 an. Dalam kurun waktu 21 tahun, harganya telah naik 177%. Jika dibagi 21, artinya tiap tahun mengalami kenaikan 8,6%. Padahal kalau kita nabung di Bank, bagi hasilnya hanya berkisar 2-3% per tahun. 

Nah, dengan ilustrasi sederhana ini, bisa memberi gambaran. Jika uang kita ditabung di Bank, mungkin akan mengalami peningkatan jumlah seiring bagi hasil yang diberikan, namun akumulasinya tak bisa melawan inflasi yang jauh lebih besar. 

Maka dari itu, selain menjalani profesi, hendaknya setiap kita harus memiliki passion yang bisa membantu melawan inflasi. Salah satu passion yang layak dicermati yaitu berinvestasi. 

Akses internet yang begitu mudah, memberikan koneksi tanpa batas untuk kita. Koneksi untuk menggali banyak informasi dan ilmu pengetahuan. Termasuk yang recommended untuk dipelajari adalah ilmu berinvestasi.  

Bersambung, in shaa Allah. 

Di Ujung Kota, 4 Agustus 2021

Tidak ada komentar:

Posting Komentar